Workshop Public Speaking dan Protokoler

laksanakan workshop public speaking dan protokoler 623944 1Workshop Public Speaking dan Protokoler
Medan, (Analisa). Program Studi Diploma (D3) Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara laksanakan Workshop Public Speaking dan Protokoler dengan narasumber BPC Perhumas Medan, Saurma MGP Siahaan, M.IKom, MIPR dan Moderator Tetty Juliaty SE, MSi di Aula FEB USU di Medan, Jumat (21/9).

“Kegiatan ini ditujukan kepada para dosen dan mahasiswa di lingkungan D3 Kesekretariatan khususnya dan FEB untuk menambah wawasan terkait mata kuliah yang ada dan mendekatkan kampus dengan para praktisi yang menjadi pengguna di dunia kerja,” jelas 

Dra. Marhayanie, MSi, Ketua Prodi D3 Kesekretariatan FEB USU Dra. Marhayanie, MSi didampingi Sekretaris Prodi Inneke Qamariah SE, MSi, usai pelaksanaan workshop.

Diharapkannya mahasiswa D3 kesekretariatan dapat mengambil manfaat dari pelatihan yang direncanakan akan dilangsungkan kembali pada kesempatan mendatang dengan berbagai topik terkait. 

“Dari pelatihan tadi, tampak mahasiswa digiring untuk mampu melakukan public speaking dengan cara yang benar sehingga mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan,” ujar Marhayanie.

Saurma Siahaan pada kesempatan tersebut selain menyampaikan berbagai hal tentang perkembangan public speaking di dunia dan beberapa teori yang disampaikan tokoh public speaking modern serta beberapa tips, juga mengajak seluruh peserta untuk dapat memaksimalkan kemampuannya dalam public speaking dan protokoler, melalui berbagai praktik yang dibawakannya secara gamblang. 

“Sebuah pelatihan sepatutnya membawa pesertanya pada penambahan kemampuan yang akan mengarah pada skill sehingga siap untuk mempraktikkannya kemudian. Apalagi public speaking, tentu tidak semudah menyatakannya saat menjalankannya,” jelas Saurma yang menyatakan Perhumas Medan siap untuk bekerjasama dengan Prodi D3 Kesekretariatan untuk kelanjutan workshop tersebut. Ia juga menegaskan Perhumas Medan telah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI) di Medan, sehingga dalam ke depan siap melakukan uji sertifikasi kompetensi teknis. 

Icha, salah seorang peserta menyatakan kegembiraannya bisa ikut kegiatan workshop yang dikatakannya menambah rasa percaya dirinya untuk berbicara di depan khalayak umum. 

Tampak hadir Dra Mutia Ismail MSi, Ak, Ketua Prodi D3 Akuntansi; Yasmin Chairunisa Muchtar SP, MBA, Sekretaris Prodi D3 Keuangan; Fivi Rahmatus Sofiyah SE, MSi, Kepala Laboratorium FEB USU; Inggrita Gusti Sari SE, MSi, Sekretaris Prodi S1 ​​Ekonomi Pembangunan, dan para dosen Dra Friska Sipayung, MSi; Dra Ramona RI Hasibuan, MP; Dra. Yulinda, MSi; Regina Deka Sophia SIp, MSM dan puluhan mahasiswa. (rel / ss)